Idea Nursing Journal
Vol 7, No 2 (2016): Idea Nursing Journal

PENGEMBANGAN PROTOKOL PEMENUHAN HAK PASIEN DI RUMAH SAKIT DAERAH KABUPATEN ACEH TAMIANG

Fitri Erlita (Magister Ilmu Keperawatan Universitas Sumatera Utara,)
Dewi Elizadiani Suza (Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara)
Diah Arruum (Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2017

Abstract

ABSTRAKProtokol pemenuhan hak pasien merupakan suatu panduan yang dikembangkan sebagai pedoman dalam menerapkan pemenuhan hak pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan protokol pemenuhan hak pasien di Rumah Sakit Daerah Kabupaten Aceh Tamiang. Jenis penelitian yang digunakan adalah action research, dari bulan Maret sampai Juli 2016, dan melalui 3 siklus serta terbagi dalam 8 tahap. Instrumen yang digunakan adalah panduan in-depth interview, panduan focus group discussion (FGD) pada tahap reconnaissance,panduan  FGD pada tahap reflection, kuesioner tentang kepuasan pasien dalam pemenuhan hak pasien, kuesioner kepuasan perawat dalam pemenuhan hak pasien, format observasi protokol pemenuhan hak pasien, dan format observasi kinerja perawat dalam pemenuhan hak pasien. Partisipan dalam penelitian ini adalah 31 orang perawat, yang diambil secara purposive sampling. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Analisa data kualitatif menggunakan content analysis dan analisa data kuantitatif menggunakan uji statistik deskriptif. Hasil penelitian teridentifikasi tema: manfaat pemenuhan hak pasien untuk stake holder, hak yang didapatkan dari pelayanan kesehatan, hambatan dalam penerapan protokol pemenuhan hak pasien, strategi penerapan protokol pemenuhan hak pasien, instrumen penerapan protokol pemenuhan hak pasien, dan dukungan penerapan protokol pemenuhan hak pasien. Penelitian ini menghasilkan suatu kebijakan baru dalam bentuk standar prosedur operasional yaitu protokol pemenuhan hak pasien, alur pemberian informasi hak dan kewajiban pasien, dan menghasilkan dampak adanya peningkatan kepuasan pasien, yaitu sebelum penerapan protokol rata-rata (mean) 86,89 dan sesudah rata-rata (mean) senilai 91,80, serta berdampak pada peningkatan kepuasan perawat, yaitu sebelum penerapan protokol rata-rata (mean) 82,16 dan sesudah rata-rata (mean) senilai 90,16. Penelitian ini merekomendasikan kepada pihak manajemen rumah sakit agar terus melakukan supervisi untuk mengevaluasi pelaksanaan protokol pemenuhan hak pasien. Kata kunci: protokol, pemenuhan hak pasien, action research. ABSTRACTProtocol for fulfilling patients’ right is developed as guidance in implementing patients’ right. The objective of the research was to develop protocol for fulfilling patients’ right at the Regional General Hospital in Aceh Tamiang Regency. The research used action research method; it was conducted from March until July, 2016 through 3 cycles in 8 stages. The research instruments were in-depth interview guidance, Focus group discussion (FGD) guidance in the reconnaissance stage and FGD in reflection stage, questionnaires on patient satisfaction, questionnaires on nurse satisfaction in fulfilling patients’ right, protocol observation format in fulfilling patients’ right, and nurses’ performance observation format in fulfilling patients’ right. The samples were 31 nurses as the respondents, taken y using purposive sampling technique. The data were analyzed qualitatively and quantitatively. Qualitative data were analyzed by using content analysis while quantitative data were analyzed by using descriptive statistic test. The result of the research showed the theme of the benefit of fulfilling patients’ right for stakeholders, patients’ right to get health service, the obstacles in implementing protocol in fulfilling patients’ right, strategy of implementing protocol in fulfilling patients’ right, instruments for implementing protocol in hospitals, and support in implementing protocol in fulfilling patients’ right. This research produced a new policy in the form of standard operational procedure, that is, protocol in fulfilling patients’ right, channel of giving information about patients’ right and obligation, and the effect of the increase in patients’ satisfaction - mean value in pre-protocol application was 86.89 and mean value in post protocol application was 91.80. The increase in nurses’ satisfaction, mean value in pre-protocol application was 82.16 and mean value in post-protocol application was 90.16. It is recommended that the hospital management do supervision to evaluate the implementation of protocol in fulfilling patients’ right. Keywords: protocol, fulfilling patients’ right, action research.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

INJ

Publisher

Subject

Nursing

Description

Idea Nursing Journal (INJ) adalah suatu media yang dapat digunakan untuk, mendiseminasi, dan mengarsipkan karya perawat peneliti di Indonesia. Karya yang dipublikasikan dalam jurnal ini secara tidak langsung diakui sebagai karya kecendekiawanan penulis dalam bidang keperawatan. Artikel antara lain ...