Jurnal Ilmu Perpustakaan
Vol 8, No 3 (2019): Agustus 2019

Peran Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan (UPT DISDIKBUD) Kecamatan Blado Dalam Pengembangan Perpustakaan Sekolah Dasar

Asih, Herlina Candra (Unknown)
Wasisto, Joko (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran Unit Pelaksana Teknis Dinas Pendidikan danKebudayaan Kecamatan Blado terhadap perkembangan perpustakaan Sekolah Dasar . Metode penelitian yangdigunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaituobservasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran yang dilakukan UPT terhadap perpustakaanSD masih belum maksimal. Peran UPT sangat diperlukan bagi perpustakaan SD karena masih banyak SD yangkurang memiliki pengetahuan mengenai perpustakaan. UPT Kecamatan Blado berperan sebagai perantara bagi SDdan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) berkaitan dengan keluhan dan permintaan bantuan bahanpustaka. Tahapan yang dilakukan yaitu pertama, UPT mendapat keluhan dari SD berupa proposal. Kemudian yangkedua, tahap pemeriksaan oleh pengawas. Tahap ini menghasilkan keputusan apakah proposal layak untukditeruskan kepada Disdikbud atau tidak. Selanjutnya proposal diserahkan pengawas ke Disdikbud melalui sekretarisdinas. Selain menjadi jembatan antara SD dan Disdikbud, UPT juga melakukan sharing dan evaluasi tentangperpustakaan ideal kepada setiap SD pada saat kunjungan rapat. Sharing dan evaluasi tersebut dimaksudkan agarperpustakaan SD mau berbenah dan mengembangkan kualitas perpustakan.

Copyrights © 2019