Jurnal S2 Pendidikan Sains
Vol 2, No 03 (2013): Jurnal Inkuiri

PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS MASALAH DENGAN METODE PROYEK DAN EKSPERIMEN DITINJAU DARI KREATIVITAS DAN KETERAMPILAN MENGGUNAKAN ALAT LABORATORIUM

Saputri, Chairunisa Ayu ( Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 57126, Indonesia)
Masykuri, Mohammad Tri ( Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 57126, Indonesia)
Ashadi, Ashadi Tri ( Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta, 57126, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kimia berbasis masalah denganmetode proyek dan eksperimen, kreativitas, dan keterampilan menggunakan alat laboratoriumserta interaksinya terhadap prestasi belajar. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Ponorogo kelas XIIPA tahun ajaran 2012/2013. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling.Teknik pengolahan data menggunakan ANAVA tiga jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) ada pengaruh penerapan pembelajaran kimia berbasis masalah dengan metode proyek daneksperimen terhadap prestasi belajar kognitif siswa, namun tidak ada pengaruh terhadap prestasibelajar afektif; 2) tidak ada pengaruh kreativitas terhadap prestasi belajar kognitif dan afektifsiswa; 3) ada pengaruh keterampilan menggunakan alat laboratorium terhadap prestasi belajarkognitif siswa, namun tidak ada pengaruh pada prestasi belajar afektif; 4) tidak ada interaksi antarapembelajaran kimia berbasis masalah menggunakan metode proyek dan eksperimen dengankreativitas terhadap prestasi belajar kognitif dan afektif siswa; 5) ada interaksi antara pembelajarankimia berbasis masalah menggunakan metode proyek dan eksperimen dengan keterampilanmenggunakan alat laboratorium terhadap prestasi belajar kognitif siswa, namun tidak ada interaksiterhadap prestasi belajar afektif; 6) ada interaksi antara kreativitas dan keterampilan menggunakanalat laboratorium terhadap prestasi kognitif siswa, namun tidak ada interaksi pada prestasi afektif;7) tidak ada interaksi antara pembelajaran kimia berbasis masalah menggunakan metode proyekdan eksperimen, kreativitas dengan keterampilan menggunakan alat laboratorium terhadap prestasikognitif dan afektif siswa.Kata kunci : PBL, proyek, eksperimen, kreativitas, keterampilan menggunakan alatlaboratorium

Copyrights © 2013