HIKARI
Vol 2, No 1 (2014)

PENGARUH MEDIA GAMBAR KREATIF DENGAN METODE KOOPERATIF TIPE NHT TERHADAP PENGUASAAN KATA SIFAT BAHASA JEPANG SISWA SMA

Libriyanti, Dinastuti Mulia (Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNESA)
Fanani, Urip Zaenal (Prodi Pendidikan Bahasa Jepang UNESA)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2018

Abstract

Abstrak Penguasaan kata sangat penting bagi pembelajar bahasa. Salah satu jenis kata yang harus dikuasai oleh seorang pembelajar bahasa adalah kata sifat. Penelitian tentang penguasaan siswa terhadap kata sifat bahasa Jepang menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi kata sifat bahasa Jepang. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan pengaruh media gambar kreatif dengan metode Kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) terhadap penguasaan kata sifat bahasa Jepang siswa dan mendeskripsikan tanggapan siswa mengenai media gambar kreatif dengan metode Kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together). Media gambar kreatif adalah media gambar yang dibuat sendiri oleh siswa berdasarkan kreativitas siswa. Gambar yang dibuat meliputi kosakata benda dan kata sifat yang telah dipelajari. Metode Kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) adalah metode pembelajaran yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa di dalam kelas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan teknik analisis data menggunakan Statistik Deskriptif Kuantitatif. Sumber data yang digunakan berupa data kuantitatif dari hasil nilai pretest dan posttest serta angket tanggapan siswa mengenai media gambar kreatif dengan metode Kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together). Hasil analisis data kelas kontrol dan kelas eksperimen menghasilkan nilai t-score = -5.073 < t(0.05, db=19) =-2.093, dan Mk (Mean kontrol) = 68.5 < Me (Mean eksperimen) = 80.3. Hal ini membuktikan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen, artinya penggunaan media gambar kreatif dengan metode Kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) di kelas eksperimen lebih efektif daripada metode konvensional di kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis angket diketahui bahwa siswa menganggap bahwa materi kata sifat bahasa Jepang itu sulit (75%) dan lebih paham setelah diberikan media gambar kreatif dengan metode Kooperatif tipe NHT (93.75%). Mengenai metode Kooperatif tipe NHT selain menarik (93.75%), juga membantu memudahkan siswa untuk lebih memahami (90.625%) dan memotivasi (90.625%) sehingga membantu meningkatkan pemahaman siswa mengenai materi kata sifat bahasa Jepang (96.875%). Mengenai media gambar kreatif, selain menarik (100%) juga memotivasi (87.5%) dan lebih memudahkan siswa dalam berlatih menggunakan kata sifat bahasa Jepang (96.875%) sehingga membantu meningkatkan pemahaman siswa mengenai kata sifat bahasa Jepang (90.625%).Kata kunci perlu dicantumkan untuk menggambarkan ranah masalah yang diteliti dan istilah-istilah pokok yang mendasari pelaksanaan penelitian. Kata Kunci: Media Gambar Kreatif dengan Metode Kooperatif, pembelajaran kata sifat bahasa Jepang.   ????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????? ???????????????????Kooperatif NHT???????????????????????????????????????????? ?????????????????????????????????????????Kooperatif ?NHT?????????????????????????????????????????? ????????????????????????statistik deskriptif kuantitatif ????????????????????????????????????????????????????????????? ??????????????????????????-5.073 < t(0.05, db=19) =-2.093??Mk = 68.5 < Me = 80.3????????????????????????????????????????Kooperatif  NHT??????????????????????????????????????????????????????????????????????????? (75%)???? Kooperatif  NHT???????????????????????? (93.75%)?Kooperatif  NHT????????? (93.75%)???????? Kooperatif NHT???????????? (90.625%)????????????(90.625%)?????????????????(96.875%)????????????????????????(100%)???????????? (87.5%)????????????????(96.875%)???????????????????? (90.625%)????? ???????????Kooperatif NHT ????????????????

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

kejepangan-unesa

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Bahasa Jepang - Fakultas Bahasa dan Seni UNESA Bidang Kajian Linguistik ...