PAUD Teratai
Vol 5, No 1 (2016): Volume 5 No. 1 Edisi Yudisium Maret 2016

PENGARUH METODE BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN BONEKA TANGAN TERHADAP PENGEMBANGAN BICARA ANAK KELOMPOK B

Ningsih, Tsalaatsa Qomariyah (Unknown)
Hasibuan, Rachma (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2015

Abstract

Abstrak Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercerita dengan menggunakan boneka tangan terhadap pengembangan bicara anak kelompok B di TK Tunas Islam Sidoarjo. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah metode observasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan statistik parametris. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa data sesudah mendapatkan treatment lebih besar dari pada sebelum mendapatkan treatment yakni (70.1613 > 59.0825) pada taraf signifikan 90%. Dari uraian diatas, maka dapat disimpulkan  bahwa bercerita dengan menggunakan boneka tangan  berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berbicara anak kelompok B TK Tunas Islam Sidoarjo. Kata kunci: Metode bercerita dengan menggunakan boneka tangan, Perkembangan bicara anak   Abstrak This research uses Quasi Experimental research Degsain model One Group Pre and Post Test Design Test. Where this research uses only one group with no group perbanding. The population in this study is protégé group B TK Tunas Islam Sidoarjo in the school year 2014 - 2015 the number of 25 students. TK Islam Tunas is located in the town of Sidoarjo, precisely located at Jalan Pondok Buana Sidoarjo. These results indicate that learning with storytelling using puppets to talk to child development. It was shown from the post test data analysis is greater than the Pre Test (70.1613> 59.0825) at the significant level of 90% of learning storytelling using hand puppets for children's language development. Therefore, the method is feasible ditaman childhood. Keywords: Story telling using hand puppets, Speech development of children.

Copyrights © 2016