Character: Jurnal Penelitian Psikologi.
Vol 4, No 3 (2017): Character : Jurnal Penelitian Psikologi

PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG CARA MENGAJAR DOSEN TERHADAP PERILAKU ASERTIF MAHASISWA PSIKOLOGI DI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

ZAKIYAH, SITI (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2017

Abstract

Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi mahasiswa tentang cara mengajar dosen terhadap  perilaku asertif mahasiswa psikologi di Universitas Negeri Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi sebanyak 242 mahasiswa. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik Stratified Random Sampling, diperoleh subjek sebanyak 152 mahasiswa, meliputi angkatan 2014, 2015, dan 2016. Pengambilan data menggunakan skala persepsi tentang cara mengajar dan skala  perilaku asertif. Teknik analisa data yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Diperoleh nilai F hitung (88,146) lebih besar dari F tabel  (3,06) dengan signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05). Artinya ada pengaruh signifikan antara persepsi mahasiswa tentang cara mengajar dosen terhadap  perilaku asertif mahasiswa psikologi di Universitas Negeri Surabaya. Persepsi mahasiswa tentang cara mengajar dosen memberikan sumbangan 37% untuk mempengaruhi  perilaku asertif. Kata kunci: persepsi, mahasiswa, cara mengajar, perilaku asertif

Copyrights © 2017