Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kontrol diri dan efikasi diri dengan prokrastinasi dalam menyeleaikan skripsi pada mahasiswa fakultas ilmu pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitataif. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa angkatan 2012 fakultas ilmu pendidikan yang berjumlah 133 mahasiswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kontrol diri, skala efikasi diri dan skala prokrastinasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis korelasi untuk mencari hubungan secara parsial dan teknik analisis regresi linier berganda untuk mencari hubungan secara simultan. Hasil analisis antara kontrol diri dengan prokrastinasi dalam menyelesaikan skripsi menunjukkan koefisien korelasi sebesar - 671, dan sebesar -372 efikasi diri dengan prokrastinasi dalam menyelesaan skripsi. Hasil tersebut menunjukkan bahwa hubungan parsial antara X1 dengan Y dan X2 dengan Y berada pada tingkat sedang. Hasil analisis data secara bersama-sama variabel X1 dan X2 dengan Y menunjukkan koefisien korelasi (R2) sebesar 0,488 Artinya kontribusi variabel kontrol diri dan efikasi diri secara bersama-sama terhadap prokrastinasi akademik tugas skripsi sebesar 48,8% nilai koefisien pada variabel kontrol diri dan efikasi diri adalah negative. Artinya semakin tinggi kontrol diri dan efikasi diri maka semakin rendah prokrastinasi muncul. Sebaliknya apabila kontrol diri dan efikasi diri rendah, maka prokrastinasi tugas skripsi yang muncul tinggi. Kata kunci: Kontrol Diri, Efikasi Diri, Prokrastinasi, tugas Skripsi
Copyrights © 2017