Character: Jurnal Penelitian Psikologi.
Vol 5, No 2 (2018): Character : Jurnal Penelitian Psikologi

HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN SELF REGULATED LEARNING PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 DIWEK JOMBANG

YUNI ASNUNIK, EMITA (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Mar 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan self regulated learning pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Diwek-Jombang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 254 siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Diwek. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala motivasi belajar dan skala self regulated learning. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah korelasi product moment. Hasil analisis data menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,565  (r=0,565) dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05) artinya terdapat hubungan antara variabel motivasi belajar dengan self regulated learning dimana hubungan antar variabel adalah searah. Artinya semakin tinggi motivasi belajar yang dimiliki siswa, maka semakin tinggi pula self regulated learning dan sebaliknya. Kata Kunci: Motivasi belajar, Self regulated learning, dan Siswa.

Copyrights © 2018