Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling
Vol 7, No 3 (2017): volume 7 nomer 3

PELAKSANAAN LAYANAN INFORMASI DI SMP KECAMATAN PADANGAN KABUPATEN BOJONEGORO

SETYANI, HUSNA (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 May 2017

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan Layanan Informasi di SMP sekecamatan Padangan Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, untuk menentukan sumber data dilakukan secara purposive sampling. Subjek utama penelitian ini adalah Guru BK yang memberikan layanan informasi. Peneliti melaksanakan di kecamatan Padangan Kabuaten Bojonegoro dengan mengambil tiga sekolah yaitu SMP A, SMP B, SMP C. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Didalam uji kredibilitas data, peneliti menggunakan trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclusion drawing/verification.  Hasil dari penelitian ini antara lain: Perencanaan yang meliputi identifikasi kebutuhan subjek, menetapkan materi informasi, menetapkan subjek layanan, menetapkan narasumber, menyiapkan prosedur.  Pelaksanaan yang meliputi mengorganisasikan kegiatan layanan, mengaktifkan peserta layanan dan mengoptimalkan penggunaan metode dan media. Evaluasi yang meliputi menetapkan materi evaluasi dan menetapkan prosedur evaluasi. Analisis hasil evaluasi yang meliputi melakukan analisis dan menafsirkan hasil analisis. Tindak lanjut yang meliputi menetapkan jenis dan arah tindak lanjut dan melaksanakan rencana tindak lanjut. Dalam penelitian ini pelaksana yang melaksanakan layanan informasi yaitu adalah guru BK sendiri dengan dibantu oleh pihak terkait atau ahlinya ketika memberikan materi tertentu. Cara menurumuskan materi layanan informasi dilihat dari kebutuhan siswa yang didapat dari instrument yang diberikan oleh siswa. Instrument tersebut berupa IKMS, sosiometri atau angket tentang penjurusan. Hambatan yang dihadapi ketika memberikan layanan informasi yaitu guru BK tidak bisa menyampaikan banyak materi untuk siswa dan Siswa kurang memahami materi layanan informasi yang disampaikan oleh guru BK. Cara mengatasi hambatan yaitu guru BK memberikan materi layanan informasi secara tidak langsung kesiswa dengan menempelkan ke papan pengumuman dan memberikan teguran kesiswa.   Kata kunci : Layanan Informasi, Pelaksanaan, Guru BK, Sekolah Menengah Pertama  

Copyrights © 2017