Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling
Vol 7, No 3 (2017): volume 7 nomer 3

PENGEMBANGAN PAKET KETERAMPILAN INTERPERSONAL BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER DI SDN 1 SUNGONLEGOWO BUNGAH GRESIK

RATNANINGRUM, DWI (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 May 2017

Abstract

 Penelitian ini menggunakan model pengebangan Fenrich yang terdiri dari 6 tahapan yaitu tahap analisis,tahap perencanaan,tahap perancangan, tahap pengembangan,tahap implementasi,tahap evaluasi dan revisi. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan sebuah produk buku paket keterampilan interpersonal berbasis pendidikan karakter untuk siswa kelas IV,V dan VI sekolah dasar (SD) yang memenuhi kriteria akseptabilitas yaitu kegunaan,kelayakan,ketepatan dan kepatutan. Keterbatasan penelitian tidak samai fase implementasi dan evaluasi. Hasil akhir setelah peneliti melakukan kegiatan identifikasi kebutuhan di SDN 1 Sungonlegowo Bungah Gresik untuk mengembangkan buku paket keterampilan interpersonal berbasis pendidikan karakter, maka dapat disimpulkan beberapa data dari uji validasi ahli materi,ahli media,dan calon pengguna produk. Sehingga data kuantitatif yang telah diperoleh melalui uji validasi ahli materi bimbingan dan konseling yang  mencakup empat aspek akseptabilitas dengan nilai keseluruhan 94,5%,yang menurut Sudjono (2009) masuk dalam kategori “ sangat baik tidak perlu direvisi”. Sedangkan data kuantitatif yang telah diperoleh melalui uji ahli validasi media maka diperoleh rata-rata yaitu 83,3% yang menurut Sudjono (2009) termasuk dalam kategori “Sangat baik tidak perlu direvisi”. Lalu jika dilihat dari data kuantitatif yang telah diperoleh maka produk mencakup empat aspek akseptabilitas yang dinilai oleh calon pengguna produk buku paket (konselor) dengan nilai keseluruhan 92,5% yang menurut Sudjono (2009) masuk dalam kategori “ sangat baik tidak perlu direvisi”.Dari hasil wawancara setelah uji coba produk paket keterampilan interpersonal berbasis pendidikan karakter yang telah di terapkan pada siswa dengan cara bimbingan kelompok yang terdiri dari enam siswa diamana dua dari masing-masing kelas IV,V dan VI diperoleh data sebagai berikut. 1) Siswa sangat tertarik dengan buku keterampilan interpersonal berbasis pendidikan karakter. 2) Siswa antusias dalam kegiatan bimbingan kelompok. 3) Siswa senang dan tidak merasa bosan ketika membaca buku tersebut. dan 4) Siswa menjadi gemar membaca. Secara keseluruhan buku paket keterampilan interpersonal berbasis pendidikan karakter memperoleh presentase 94% dengan kategori “sangat baik tidak perlu direvisi”. Maka berdasarkan hasil analisis data secara kuantitatif tersebut dapat disimpulkan bahwa buku paket keterampilan interpersonal berbasis pendidikan karakter untuk siswa kelas IV,V,dan VI sekolah dasar (SD) dapat digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah SD.   Kata kunci            : Pengembangan,Buku Paket,Keterampilan Interpersonal,Pendidikan Karakter,Siswa SD 

Copyrights © 2017