Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling
Vol 9, No 2 (2019)

PENERAPAN COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENURUNKAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

ILHAM WARDHANA, MUHAMMAD (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2019

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang telah peneliti lakukan kepada mahasiswa FIP UNESA, bahwa terdapat 4 mahasiswa yang mengalami prokrastinasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menurunkan prokrastinasi akademik mahasiswa FIP angkatan 2015 dan angkatan 2016 dengan menggunakan strategi konseling indivdu cognitive restructuring. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, bentuk desain penelitian ini adalah one group pre-test design ? post-test design. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket prokrastinasi akademik, Subjek penelitian ini adalah 4 mahasiswa FIP angkatan 2015 dan 2016 UNESA. Teknik analisis data menggunakan statistic non parametric dengan uji Wilcoxon Signed Rank Test untuk menguji perbedaan signifikansi terhadap kelompok eksperimen yang diberikan perlakukan Cognitive Restrukturing. Berdasarkan hasil perhitungan diatas, mean pre-test sebesar 103,2 dan mean post-test 117 dan selisih antara mean pre-test dan mean post-test adalah sebesar 13,8. Hasil penelitian, output ?test statistics? diatas diketahui nilai Z yang didapat sebesar -1,826 dengan p value (Asymp. Sig. 2-tailed) = 0,068. Dimana Lebih dari batas kritis penelitian karena nilai 0,048 lebih besar dari <0,05, sehingga dapat diputuskan bahwa Ha diterima, artinya ada perbedaan hasil prokrastinasi akademik untuk pre-test dan post-test, sehingga dapat disimpulkan bahwa ?Penerapan Cognitive Restructuring dapat menurunkan prokrastinasi akademik Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya?. Kata Kunci : Cognitive Restrukturing, Prokrastinasi Akademik

Copyrights © 2019