Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling
Vol 9, No 2 (2019)

UPAYA MENINGKATKAN PERCAYA DIRI MELALUI KONSELING KELOMPOK TEKNIK PEMODELAN KOGNITIF PADA PENGURUS OSIS SMAN 1 PLUMPANG

PANDU WIYATA, RYAN (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2019

Abstract

Kepercayaan diri sangat dibutuhkan bagi setiap individu. Pengurus OSIS juga membutuhkan tingkat percaya diri yang baik untuk menunjang aktivitas keorganisasiannya, disamping kegiatan utamanya sebagai pelajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat percaya diri antara sebelum dan sesudah mendapat perlakuan atau treatmen berupa konseling kelompok dengan teknik pemodelan kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian statistik non parametrik dengan disain one group pre test post test. Subjek penelitian berjumlah empat (4) siswa yang menjadi pengurus OSIS di SMAN Plumpang. Data penelitian berupa tingkat percaya diri dikumpulkan melalui angket yang dikembangkan sendiri. Sedangkan teknik analisa data menggunakan uji Wilcoxon dengan taraf signifikansi 5% (0,05) Hasil analisa data menunjukkan adanya perbedaan tingkat percaya diri antara sebelum dan setelah diberikan perlakuan konseling kelompok dengan teknik pemodelan kognitif. Keempat subjek penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor percaya diri setelah melakukan konseling kelompok dengan teknik pemodelan kognitif. Dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan teknik pemodelan kognitif dapat meningkatkan percaya diri pengurus OSIS SMAN 1 Plumpang. Kata kunci: Pemodelan Kognitif, Percaya Diri, Konseling Kelompok

Copyrights © 2019