Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan (JMTP)
Vol 8, No 2 (2017): Volume 8 Nomer 2 Tahun 2017

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CAI PADA MATA PELAJARAN FIQIH MATERI NAJIS TERHADAP HASIL BELAJAR BAGI SISWA KELAS VII MTS. NEGERI BARENG JOMBANG

FITRI, ANISYA (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2017

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari pemanfaatan media CAI yang diterapkan dalam proses pembelajaran mata pelajaran fiqih materi najis. Pengaruh dapat diketahui dari hasil observasi serta hasil tes yang membandingkan posttest kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Jika hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah memanfaatkan media CAI, maka media CAI memiki pengaruh dalam peningkatan hasl belajar siswa. Sasaran pemanfaatan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di MTs. Negeri Bareng Jombang yaitu sebanyak 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen, dimana metodenya terdapat perbandingan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jika hasil uji coba kelas eksperimen meningkat dari kelas kontrol, maka pemanfaatan media ini membantu siswa dalam proses pembelajaran. Dalam pemanfaatan media CAI terdapat beberapa tahap seperti melakukan wawancara untuk mengobservasi kebutuhan, melakukan tes kemampuan awal (pretest) kepada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, melakukan observasi selama proses pembelajaran dengan memanfaatkan media CAI, serta melakukan posttest kepada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengumpulan hasil data pretest dan posttest dihitung menggunakan rumus uji t. Berdasarkan hasil uji t untuk mengetahui pengaruh media CAI terhadap hasil belajar, diperoleh thitung lebih besar dari ttabel yaitu 11,1 > 2, 045. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media CAI mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Kata kunci : Pemanfaatan, Media CAI, Materi Najis. Abstract This research was conducted to find out whether there is influence from utilization of CAI media applied in learning process of fiqih subject matter unclean. Influence can be known from the observations and test results comparing the experimental group posttest with the control group posttest. If the learning outcomes of students have increased after utilizing CAI media, then the CAI media influence influence in improving student learning outcomes. Target utilization in this research is class VII student in MTs. Negeri Bareng Jombang that is 30 students of experimental class and 30 students of control class. This study is a type of experimental research, where the method there is a comparison of experimental class and control class. If experimental class experimental results increase from the control class, then the use of this medium helps students in the learning process. In the utilization of CAI media there are several stages such as conducting interviews to observe needs, conducting pretest tests to experimental groups and control groups, observing during the learning process using CAI media, and posttesting experimental and control groups. The collection of pretest and posttest data results is calculated using the t test formula. Based on the results of t test to determine the effect of CAI media on learning outcomes, obtained tcount is greater than the ttable is 11.1> 2, 045. From these results, it can be concluded that the CAI media have a significant effect on student learning outcomes. Keyword : Utilization, CAI media, Unclean Material

Copyrights © 2017