Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan (JMTP)
Vol 9, No 2 (2018): Volume 9 Nomer 2 Tahun 2018

PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS APLIKASI ANDROID MATERI PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR KELAS X AKUNTANSI DI SMK PGRI 1 TULUNGAGUNG

FITRIANA, EKA (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2018

Abstract

AbstrakKondisi ideal berdasarkan tujuan pembelajaran RPP, (1) peserta didik dapat menjelaskan persamaan dasar akuntansi dengan baik (2) peserta didik dapat merumuskan dan menganalisis pengaruh transkasi ke persamaan dasar akuntansi dengan benar. Sedangkan kondisi riil yang terjadi adalah peserta didik memiliki pemahaman yang kurang, hal ini dikarenakan kurangnya waktu belajar di kelas dan bahan ajar yang digunakan yaitu buku pinjaman sekolah yang sifatnya terbatas, sehingga diperlukan media untuk pembelajaran yang lebih fleksibel. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui kelayakan media e-modul dalam pembelajaran (2) Mengetahui keefektifan media e-modul dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan instrumen berupa (1) wawancara untuk ahli materi, ahli desain pembelajaran, dan ahli media (2) angket peserta didik yang bertujuan untuk mengukur kelayakan media e-modul dan (3) pre-test post-test dengan uji t untuk mengukur tingkat keefektifan media e-modul. Berdasarkan hasil validasi ahli materi, ahli desain pembelajaran, dan ahli media serta serangkaian uji coba kepada peserta didik, media e-modul dalam kategori sangat baik sehingga layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil penghitungan pada uji t menunjukkan bahwa t hitung lebih besar daripada t tabel yaitu 17,453 > 2,015, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata hasil belajar peserta didik pada materi persamaan dasar akuntansi dengan menggunakan media e-modul yang efektif untuk digunakana dalam pembelajaran. Kata kunci : Pengembangan, E-Modul, Persamaan Dasar AkuntansiAbstractIn ideal conditions based on implementation of the learning plan, (1) students can explain the basic equations of accounting well (2) students can formulate and analyze the application of transactions into the accounting database correctly. While the real condition that occurs is students have lack understanding of learning objectives, its due to lack of study time in class, and limited school books. So media is needed to help more flexible learning. The purpose of studies are (1) To know the feasibility of e-module in learning. (2) To know the effectiveness of e-module in learning. This study uses the ADDIE development model (analysis, design, development, implementation, evaluation) with instruments consisting of (1) interviews for material expert, learning design expert, and media experts (2) student questionnaire which aims to measure the feasibility of e-modul (3) pre-test and post-test with t test to measure the effectiveness of e-module. Based on the validation of material expert, learning design expert, and media experts as well as the trials of students, get very good category so that it is suitable to be used in learning. The result of calculation on the t test is greater than t table which is 17.453> 2.015. It can be concluded that the learning outcomes of students in basic accounting material using effective e-module media to be used in learning.Keywords : Development, E-Module, Basic Accounting Equations

Copyrights © 2018