Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 8, No 1 (2020): Jurnal Kreatif Online

Pengaruh Penerapan Process Genre-Based Approach (PGBA) terhadap Hasil Belajar Menulis Esai

Budi, Budi (Unknown)
Usman, Sriati (Unknown)
Rofiqoh, Rofiqoh (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2020

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah kemampuan mahasiswa semester IV Kelas D Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNTAD Tahun 2016/2017 dalam menulis esai bahasa Inggris melalui Penerapan Process Genre-Based Approach (PGBA) akan meningkat atau tidak. Desain penelitian ini adalah pre-experimental-one group pretest posttest yang dilaksanakan pada Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNTAD. Populasinya adalah mahasiswa semester IV (genap)  tahun akademik 2016/2017. Sample penelitian ada mahasiswa Kelas D, yang ditetapkan dengan menggunakan total sampling technique. Hipotesa penelitian adalah kemampuan mahasiswa semester IV Kelas D Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNTAD Tahun 2016/2017 dalam menulis esai bahasa Inggris melalui Penerapan Process Genre-Based Approach (PGBA) meningkat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes: tes awal (Pretest) dan tes akhir (Postest). Perlakuan (treatment)  dilaksankan 6 kali pembelajaran. Hasil data dianalisis secara statistik. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata posttest (72,2) lebih besar daripada rata-rata pretest (42,91) dan nilai t-hitung (10,57) lebih besar daripada nilai t_tabel (1,684) dari daya beda (degree of freedom), df =35-1=34, pada tabel level signifikan 0,05 (one-tailed test). Hal ini menunjukan bahwa kemampuan mahasiswa semester IV Kelas D Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UNTAD Tahun 2016/2017 dalam menulis esai bahasa Inggris melalui Penerapan Process Genre-Based Approach (PGBA) meningkat. Hasil penelitian ini sangat bermanfaat bagi: (1) mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam menulis esai; (2) pengajar (dosen) untuk menambah sebuah pendekatan pembelajaran menulis esai melalui PGBA dengan tahapan (a) preparation; (b) modelling and reinforcing; (c) planning; (d) joint constructing; (e) independent constructing; dan (f) revising. (3) dosen dan guru bahasa Inggris dapat melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan PGBA.

Copyrights © 2020