Widya Komunika: Jurnal Komunikasi Pendidikan
Vol 8 No 2 (2018): WIDYA KOMUNIKA - JURNAL KOMUNIKASI DAN PENDIDIKAN

POLA INTERVENSI PENDIDIKAN DALAM PEMBINAAN KEPADA PELAJAR MELALUI KOMUNIKASI INTERAKSIONAL BERSUMBER PADA SIMBOL

Afrina Sari (Universitas Budi Luhur Jakarta)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2018

Abstract

Remaja dalam usia yang sangat rentan dan mudah terpengaruh oleh lingkungan.Terutama lingkungan peer group pertemanan. Banyak peristiwa yang terkait remaja disajikandalam berita menjelaskan adanya kenakalan dalam perkelahian antar pelajar. Pola IntervensiPendidikan diduga dapat membantu untuk membina pelajar untuk lebih berkreativitas kepada hal-hal yang positif. Penelitian ini menggunakan Teori Interaksional Simbol dari Goerge HerbertMead sebagai dasar analisisnya. Metode yang dipakai dalam penelitian ini menggunakan metodekualitatif deskriptif dengan menggunakan data primer wawancara dengan guru dan siswa pada 2sekolah Menegah Atas di kota Bekasi. Analisis data menggunakan trianggulasi data dan metode.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pola Intervensi pendidikan yang dilakukan guru pengajardan guru Pembina pada SMA di Kota Bekasi berorientasi pada tanggungjawab, berorientasi padaprestasi, dan berorientasi pada kreativitas. Komunikasi interaksional diterapkan dalampengembangan kurikulum dan pada pelaksanaan mata pelajaran. Komunikasi interaksionaldilaksanakan dalam proses pembelajaran, proses kegiatan, dan proses pelaksanaan tugas.Dikembangkan dengan menggunakan simbol verbal dengan kata-kata yang bersifat memotivasi.Pola pembinaan yang dilakukan oleh guru pengajar dan guru pembina kegiatan dilakukan untukmengembangkan sikap keterbukaan, pengelolan emosi, dan sikap optimis. Itu semua dilakukandengan menekankan sikap disiplin dan sikap bertanggungjawab pada siswa.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

wk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Widya Komunika membahas dan mengkaji tema-tema komunikasi dan pendidikan yang bersumber dari hasil penelitian maupun sumbang saran pemikiran atau pengkajian ilmiah dari semua akademisi, praktisi dan pemerhati masalah komunikasi dan dunia pendidikan. Fokus dan Bidang Kajian artikel-artikel ...