Penelitian ini membahas bagaimana fotografi bukan saja digunakan sebagai penyampai pesan dan gagasan, namun aspek visual dalam fotografi banyak diberdayakan dalam ragam kepentingan, dari isu-isu sosial, politik hingga kebutuhan reklame. Pada tanggal 26 Februari 2019, tim nasional Indonesia U22 berlaga di partai final melawan Thailand U22 kejuaran AFF. Banyak foto-foto yang bermunculan di media sosial Instagram. Melalui tanda pagar piala AFF U22 (#pialaaffu22) peneliti mencoba menelusuri dan melakukan kategorisasi terhadap kemunculan foto-foto pada tanggal tersebut. Dalam pengumpulan data, didapatkan sebanyak 504 unggahan dengan material foto, dan 134 unggahan berupa video.Setelah melalui proses reduksi data, materi visualĀ mengarah pada tiga hal, yakni Modifikasi Foto Marinus Manewar, Foto yang diberdayakan menjadi material iklan, dan Menyoal persoalan tubuh dalam pertandingan. Melalui metode analisis wacana kritis model Norman Faiclough, penelitian ini berusaha membedah fenomena fotografis dan bagaimana masyarakat virtual memproduksi, mengonsumsi dan bahkan melakukan konstruksi realitas fotografis
Copyrights © 2020