ADVANCE
Vol 6, No 2 (2019): December

PENGARUH PELAYANAN, RELIGIUSITAS, DAN TINGKAT PENDAPATAN TERHADAP MINAT MENABUNG 2019 (STUDI KASUS BANK BRI SYARIAH CABANG PALUR KARANGANYAR)

Rakrian Yuda Mukti (STIE AUB Surakarta)
Andri Octaviani (STIE AUB Surakarta)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji pengaruh Pelayanan, Religiusitas, dan Tingkat Pendapatan terhadap minat menabung di BRI Syariah Karanganyar. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah nasabah Bank BRI Syariah Karanganyar dengan jumlah sampel sebesar 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang bertujuan untuk menghitung besarnya koefisien regresi guna menunjukkan besarnya pengaruh variabel pelayanan, religiusitas dan tingkat pendapatan terhadap kinerja karyawan. Sedangkan uji goodness of fit (Uji F) digunakan untuk menguji kelayakan model dalam penelitian. Hasil pengujian uji F menunjukkan bahwa model regresi dapat digunakan untuk memprediksi minat menabung, dari hasil uji goodness of fit (uji F) menunjukkan bahwa penelitian ini layak untk di teliti. Hasil pengujian uji t menunjukan bahwa pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung, religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung dan tingkat pendapatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung di BRI Syariah Karanganyar. Variabel pelayanan, religiusitas dan tingkat pendapatan mampu menjelaskan variabel  minat menabung sebesar  ebesar  79,1% menjelaskan variabel  minat menabung di Bank BRI Syariah. Sedangkan sisanya 20,9 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti yang tidak masuk dalam penelitian ini.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

advance

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Terbitan Berkala Ilmiah (ADVANCE) Program Studi S1 Akuntansi diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi "AUB" Surakarta, dimaksudkan sebagai media pertukaran informasi dan karya ilmiah antara staf pengajar, alumni, mahasiswa, dan masyarakat ...