JOURNAL OF AL-ADZKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
Vol 9, No 2 (2019): Juli - Desember

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA SISWA KELAS V SDN MEKAR SARI

Muhiddin, Muhiddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PAI melalui model pembelajaran TAI pada materi Kisah Khalifah Abu Bakar R.A. Pada penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas, yang menggunakan dua siklus dengan 4 tahapan pada masing-masing siklusnya, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa lembar observasi pada aktivitas guru dan siswa dan tes hasil belajar siswa. Instrumen aktivitas guru dan siswa untuk mengetahui tingkat keterlaksanaan tindakan keaktifan saat pembelajaran, serta diadakan tes pada tiap pertemuan di tiap siklus. Pada dua keterlaksanaan aktivitas guru mendapat kualifikasi ?baik sekali?. Aktivitas siswa didominasi keaktifan kategori sangat aktif dan aktif. Ketuntasan hasil belajar klasikal 57.14% dicapai pada pertemuan kesatu dan kedua, 71.43% pada pertemuan ketiga, 78.57%  pada pertemuan keempat mencapai 92.86%. Penggunaan TAI (Team Assisted Individualization)  dapat meningkatkan keaktifan guru dan siswa serta hasil belajar siswa pada Kisah Khalifah Abu Bakar R.A. di SDN Pelajaran 2018/2019.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

adzka

Publisher

Subject

Arts Education

Description

Journal Al Adzka Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah have a number p-ISSN: 2088-9801 and e-ISSN:2597-937X Al-Adzka is a Journal that published scientific study of research results on primary education which contributes to the understanding, development of theories and concepts of ...