Pendidikan merupakan hal penting untuk meningkatkan sumber daya manusia. Namun demikian untuk mewujudkan tujuan ini ternyata banyak sekali faktor-faktor yang mempengaruhi pencapaian pendidikan sehingga diperlukan penelitian dalam bidang pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas mahasiswa khususnya mahasiswa program sarjana STIE Swadaya Jakarta dalam pencapaian pendidikannya dengan melihat faktor-faktor yang mempengaruhinya secara simultan, baik pengaruh langsung maupun tidak langsung. Analisis data menggunakan Metoda Partial Least Square (PLS) pada Structural Equation Model (SEM). Penelitian ini menggunakan data mahasiswa STIE Swadaya angkatan 2012/2013 sampai 2015/2016 dengan 6 variabel laten dan 26 variabel manifest. Hasil pada model pengukuran menunjuk bahwa tidak semua hubungan variabel laten terhadap variabel manifes signifikan. Hasil pada model struktural menunjukan bahwa hanya pengaruh tak langsung Lingkungan Belajar (LB) terhadap motivasi yang signifikan pada taraf 10% sedang pengaruh tak langsung lainnya dan semua pengaruh langsung lainnya terhadap kualitas mahasiswa memperlihatkan tidak adanya hubungan yang signifkan.
Copyrights © 2018