Administrasi merupakan suatu fungsi yang memegang peranan yang sangat penting terhadap tercapainya kelancaran usaha atau aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan/organisasi. Di dalam adminisitrasi biasanya terdapat beberapa bagian, yaitu pencatatan, pengidentifikasian untuk penilaian dan pengambilan keputusan oleh pemakai tersebut. Di dalam Gereja juga dibutuhkan suatu sistem informasi yang efektif untuk membantu setiap penyelenggarakan aktivitas yang melibatkan administrasi, seperti dalam proses tahap perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan untuk mencapai tujuan penginjilan dan pelayanan sosial gereja. GMI Gratia Medan merupakan salah satu dari Gereja Methodist yang berdiri di Medan sejak tahun 2008, dengan jumlah jemaat yang melebihi 500 kepala keluarga, dimana data para setiap anggota keluarga jemaat, data pernikahan, data pendeta serta data baptis harus tercatat dan tersimpan. Namun pada praktiknya, data-data administrasi pada GMI Gratia Medan masih dicatat secara manual yaitu melalui software pengolah kata Excel dan melalui buku catatan. Oleh sebab itu maka akan dilakukan penelitian agar dapat mengusulkan solusi dalam mengatasi permasalahan yang ada saat ini. Hasil dari penelitian akan dibangun sebuah aplikasi administrasi gereja yang memudahkan pihak administrasi dan jemaat baik dalam pengelolaan data ataupun dalam pemberitahuan jadwal ibadah.
Copyrights © 2019