Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah
Vol 7, No 5 (2019): Jurnal Bioterdidik

Pengaruh Argument-Driven Inquiry Terhadap Kesadaran Metakognisi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP

Uji Yoga Prastio (University of Lampung)
Neni Hasnunidah (University of Lampung)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2019

Abstract

This study aims to determine the significance of the effect of Argument-Driven Inquiry’s learning model on metacognition awareness and cognitive learning outcomes of students in the subject matter of the respiratory system. The study population was VII grade students of Permata Bunda IT Middle School with 59 people divided into 2 classes that used as samples. The research design used was quasi-experimental with a pretest-posttest non-equivalent control group design. The results showed that there was a significant effect of using ADI model on metacognitive awareness and student cognitive learning outcomes. The significance of the effect of the Argument-Driven Inquiry learning model on metacognition awareness is 0.001 (p0.05). The significance of the effect of the Argument-Driven Inquiry learning model on cognitive learning outcomes is 0,000 (p0.05).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh dari model pembelajaran Argument-Driven Inquiry terhadap kesadaran metakognisi dan hasil belajar kognitif siswa SMP pada materi pokok sistem pernapasan. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP IT Permata Bunda berjumlah 59 orang yang terbagi kedalam 2 kelas yang dijadikan sebagai sampel. Desain penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan pretest-posttest non-equivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model ADI terhadap kesadaran metakognisi dan hasil belajar kognitif siswa. Signifikansi pengaruh dari model pembelajaran Argument-Driven Inquiry terhadap kesadaran metakognisi yaitu 0,001 (p0,05). Signifikansi pengaruh dari model pembelajaran Argument-Driven Inquiry terhadap hasil belajar kognitif yaitu 0,000 (p0,05). Kata kunci: Argument-Driven Inquiry, hasil belajar kognitif, kesadaran metakognisi

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JBT

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Bioterdidik adalah jurnal ilmiah yang memuat artikel-artikel hasil penelitian mengenai pembelajaran biologi maupun penelitian ...