MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman
Vol 10, No 2 (2019): MAGISTRA

Pengembangan Buku Kesetaraan Gender Dalam Pendidikan Untuk Guru Sekolah Dasar

Rogibah Rogibah (STKIP Pangeran Dharma Kusuma Segeran Juntinyuat Indramayu)
Nunung Nurjanah (STKIP Pangeran Dharma Kusuma Segeran Juntinyuat Indramayu)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2019

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku tentang gender untuk guru Sekolah Dasar. Melalui pengembangan buku tentang gender ini, diharapkan pengetahuan gender pada guru Sekolah Dasar semakin meningkat, sehingga siswa memperoleh pengalaman belajar yang berkeadilan gender. Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian Reaseach & development (R&D), dengan tahapan analisis kebutuhan akan buku tentang gender untuk guru sekolah dasar; validasi buku tentang gender untuk guru Sekolah Dasar oleh ahli; respon subyek penelitian atas buku gender yang dikembangkan; dan menguji efektifitas buku gender yang dikembangkan untuk guru Sekolah Dasar. Hasil penelitian diketahui bahwa buku tentang gender efektif meningkatkan pengetahuan gender pada guru sekolah dasar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

MAGISTRA

Publisher

Subject

Education

Description

MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman — ISSN (print) 2087-2305. diterbitkan oleh Pusat Kajian dan Pengembangan Ilmu-ilmu Keislaman (PKPI2) Fakultas Agama Islam Universitas Wahid Hasyim Semarang sebagai media pengembangan kajian tentang ilmu-ilmu pendidikan dasar ...