Model pembelajaran Think Talk Write adalah suatu model pembelajaran yang diawali bahan bacaan (menyimak, mengritisi, dan alternatif solusi), hasil bacaan dikomunikasikan dengan presentasi, diskusi, dan kemudian membuat laporan hasil presentasi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas X di SMA Negeri 2 Muara Enim Tahun Pelajaran 2017/2018.Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen desain yaitu pre-eksperimental designs (X-O). Dengan bentuk design One Shot Case Study. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas X IPS SMA Negeri 2 Muara Enim yang berjumlah 113 siswa dan sampel yang digunakan yaitu kelas X IPS B yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, dan teknik dokumentasi. Dari analisis data lembar observasi yang manggunakan rumus Uji Chi-kuadrat bahwa t-hitung = 338,651 dan t-tabel = 3,841 dimana t-hitung t-tabel (338,651 3,841). Maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, maka ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran Think Talk Write terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas X di SMA Negeri 2 Muara Enim Tahun Pelajaran 2017/2018.
Copyrights © 2019