Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendata faktor saja yang menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa dan menemukan faktor yang dominan dalam mempengaruhi motivasi belajar pada mata pelajaran aircraft drawing. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Instrumen penelitian digunakan angket dengan skala likert. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X sebanyak 66 siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan pengolahan data menggunakan analisis faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 2 faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa faktor A yang terdiri atas: cita-cita/aspirasi siswa, kondisi ligkungan, unsur dinamis dalam belajar dan pembelajaran dan faktor B yang terdiri atas: kondisi siswa, upaya guru dalam mengelola kelas dan kondisi siswa. Faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi motivasi belajar siswa pada mata pelajaran aircraft drawing adalah faktor A. Kesimpulan penelitian ini bahwa setiap faktor yang dadalam diri siswa akan mempengaruhi motivasi belajar dengan kadar yang berbeda-beda.
Copyrights © 2019