Penelitian ini bertujuan memperoleh data aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi memahami komponen mekanisme pengereman sesuai SOP. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian sebanyak 31 orang peserta didik. Tahapan penelitian, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, pre test dan post test. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas pembelajaran sebesar 11,77%, yaitu dari 59,03% menjadi 70,8%. Hasil belajar peserta didik meningkat dari rata-rata 0,53 pada siklus I meningkat sebesar 0,18 menjadi 0,71 pada siklus II. Jumlah peserta didik yang mencapai KKM pada siklus I sebanyak 24 orang meningkat 6 menjadi 30 orang pada siklus II. Kesimpulan penelitian bahwa terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw.
Copyrights © 2019