Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 5, No 1 (2020): Februari 2020

Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Strategi Pembelajaran Prediction-Observation-Explanation (POE) di Kelas VIII SMPN 18 Banda Aceh

Lisa Lusiana (Universitas Syiah Kuala)
Suhartati Suhartati (Universitas Syiah Kuala)
Tuti Zubaidah (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2020

Abstract

Berpikir kritis adalah aspek yang perlu didorong oleh guru dalam pembelajaran matematika. Namun, berdasarkan observasi awal yang sudah pernah dilaksanakan, pembelajaran matematika yang masih berpusat pada guru, mengakibatkan kemampuan berpikir kritis siswa masih sukar berkembang. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran  matematika  perlu mengembangkan ide untuk berpikir kritis maka dari itu ide yang dapat digunakan yakni strategi pembelajaran Prediction-Observation-Explanation (POE). Target penelitian yaitu untuk melihat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui strategi Prediction-Observation-Explanation (POE). Penelitian ini memanfaatkan pendekatan kuantitatif. Desain yang dapat dipakai yakni pre-experimental dengan jenis one—shot case study. Populasi penelitian ini yakni semua siswa SMPN 18 Banda Aceh kelas VIII yang terdiri dari lima kelas, sampel dipilih secara acak sehingga diperoleh siswa kelas VIII/5 sebanyak 25 orang. Alat yang digunakan pada penelitian  ini tes yang terdiri dari empat soal uraian berpikir kritis tentang materi statistika yang digunakan ketika post-test. Data yang diperoleh pada post-test dianalisis menggunakan uji t pihak kanan untuk melihat proses berpikir kritis siswa melalui strategi pembelajaran Prediction-Observation-Explanation (POE). Hasil penelitian membuktikan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII SMPN 18 Banda Aceh dapat mencapai kategori baik.KataiKunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Strategi Pembelajaran Prediction-Observation-Explanation (POE)

Copyrights © 2020