Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 5, No 1 (2020): Februari 2020

Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Videoscribe terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Koordinat Kartesius di SMPN 7 Banda Aceh

Al Kausar (Universitas Syiah Kuala)
R Salasi (Universitas Syiah Kuala)
Mukhlis Hidayat (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2020

Abstract

Model pembelajaran penemuan telah menjadi satu rekomendasi penting untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas. Keunggulan model ini salah satunya adalah mampu meningkatkan hasil belajar siswa yang tergolong rendah, sehingga pembelajaran dapat dianggap tuntas. Meskipun penerapan model ini tergolong sulit untuk disesuaikan dengan materi matematika, maka peneliti mencoba untuk mengkaji secara mendalam dengan menggunakan bantuan media pembelajaran. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning dan media videoscribe pada materi koordinat kartesius. Pendekatan yang lakukan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan bentuk desain penelitian yakni one shoot case study. Sampel yang diambil pada penelitian ini yakni peserta didik kelas VIII-7 sebanyak 26 siswa di SMP Negeri 7 Banda Aceh. Proses pengumpulan data pada penelitian ini dengan memberikan tes setelah kegiatan pembelajaran berlangsung yang kemudian dibandingkan dengan nilai kriteria ketuntasan minimal yang terdapat di sekolah. Data yang didapat dari hasil penelitian dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas VIII-7 SMP Negeri 7 Banda Aceh pada materi koordinat kartesius melalui model discovery learning berbantuan media videoscribe di SMP Negeri 7 Banda Aceh mencapai ketuntasan. Disarankan kepada guru agar dapat menggunakan media sesuai kebutuhan dan kegunaannya dalam pembelajaran matematika. Kata Kunci:         Discovery Learning, Videoscribe, Hasil Belajar.

Copyrights © 2020