Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 5, No 1 (2020): Februari 2020

Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Model Penemuan Terbimbing pada Turunan Fungsi Aljabar di Kelas XI SMA Negeri 5 Banda Aceh

Rosika Wahyuni (Universitas Syiah Kuala)
M. Hasbi (Universitas Syiah Kuala)
Usman Usman (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2020

Abstract

Salah satu permasalahan dalam mempelajari matematika adalah hasil belajar siswa di bawah rata-rata. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menerapkan model pembelajaran penemuan terbimbing. Model penemuan terbimbing ini dapat diterapkan pada materi turunan fungsi aljabar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan penerapan model penemuan terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi turunan fungsi di kelas XI SMA Negeri 5 Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah eksperimen yang menggunakan desain True Eksperimental yaitu Pretest-Posttest Control Group. Populasi penelitian adalah seluruh siswa  kelas XI SMA Negeri 5 Banda Aceh. Sampel dipilih secara acak dan diperoleh kelas XI IA-1 sebagai kelas pemberian tindakan dan pengamatan dan  kelas XI IA-2 sebagai kelas pengawasan (kontrol). Kelas pemberian tindakan dan pengamatan diterapkan model penemuan terbimbing sedangkan kelas pengawasan (kontrol) diterapkan model konvensional. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar berbentuk esai  yang diberikan pada saat pre-test dan post-test, masing-masing terdiri atas 10 soal turunan fungsi aljabar. Pemberian kedua tes tersebut dengan mempertimbangkan kesetaraan kesulitan soal. Untuk mengetahui perbedaan  penerapkan model penemuan terbimbing terhadap kemampuan siswa pada materi turunan fungsi aljabar di kelas XI SMA Negeri 5 Banda Aceh digunakan uji-t. Hasil analisis data diperoleh “terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan melalui penerapan model pembelajaran penemuan terbimbing dengan hasil belajar siswa dengan model konvensional pada siswa kelas XI SMAN 5 Banda Aceh”. Oleh sebab itu, diharapkan guru dapat memperhatikan keseluruhan aspek dalam pelaksanakan pembelajaran sehingga pembelajaran dapat tercapai dengan baikKata Kunci:     Model Penemuan Terbimbing, Hasil Belajar, Turunan Fungsi

Copyrights © 2020