Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 4, No 1 (2019): FEBRUARI 2019

PENGARUH PERMAINAN PUZZLE PECAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGANPECAHAN CAMPURAN DI KELAS V SDN1BANDA ACEH

Marzalena Marzalena (Unknown)
linda Vitoria (Unknown)
M Yamin M. Yamin (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2020

Abstract

Masalah dalam penelitian ini ialah siswa masih banyak yang kesulitan dalam mengerjakan soal matematika disebabkan hal tersebut tidak seluruhnya siswa mendapat hasil belajar matematika yang memuaskan. Oleh karena itu diperlukan metode sebagai cara yang digunakan untuk mengimplementasikan   pembelajaran  agar tujuan tercapai secara optimal. Penelitian ini menerapkan metode permainan puzzle pecahan dalam pembelajaran penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran. Tujuan daripenelitian ini adalah untuk mengetahui adakah  pengaruh yang signifikan permainan puzzle pecahan terhadap hasil belajar matematika pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran di kelas V SDNegeri 1 Banda Aceh.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitianPre Experimental Design dengan model One Shot Case Study. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswakelas V SD Negeri 1Banda Aceh dengan jumlah populasiyaitu 102 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu Simple Random Sampling.Sampel dalam penelitian ini sebanyak 32 siswadi kelas VB. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes berupasoal berbentuk uraianpada pertemuan ketiga pembelajaran penjumlahan dan pengurangan pecahan campuran. Tes digunakan untuk mengukur kemampuan kognitifdengan mengetahui hasil belajar matematikasiswa. Hasil penelitian ini dianalisis menggunakan uji-t satu pihakyaitu pihak kanan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan taraf signifikan 0,05 dan banyak kelasinterval k=  6. Maka df= n1 = 32= 31 diperoleh = 1,697 sehingga didapatkan tℎ

Copyrights © 2019