Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan
Vol 5, No 1 (2020)

Kelayakan Bahan Ajar Materi Perbandingan Trigonometri yang Berorientasi Hots pada Siswa SMA

Fahrur Rosyi (Unknown)
A. Noor Fatirul (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Hartono Hartono (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dari pengembangan bahan ajar matematika materi perbandingan trigonometri untuk siswa SMA. Pengambilan sampel dilakukan di SMA Negeri 3 Sampang. Faktanya di lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran matematika khususnya materi trigonometri di SMA Negeri 3 Sampang hasil pembelajarannya belum maksimal, baik itu tentang respon siswa dan aktivitas pembelajaran siswa. Hal ini disebabkan karena belum adanya bahan ajar yang menarik dan mudah dipahami oleh siswa khususnya materi perbandingan trigonometri. Oleh karena itu diperlukan sebuah inovasi dan pengembangan bahan ajar yang sangat menarik dan beda dari buku-buku yang biasa beredar di pasaran. Dalam merancang bahan ajar ini, peneliti menggunakan model pengembangan Dick and Carey yang telah dimodifikasi. Bahan ajar dari pengembangan ini divalidasi oleh ahli materi bidang studi matematika dan ahli media, selain itu juga diuji coba kelompok kecil yang terdiri dari  9 siswa. Hasil dari uji validasi ditemukan bahwa Secara keseluruhan ahli materi memberikan penilaian pada bahan ajar diperoleh skor rata-rata 4,15. Ahli media memberikan penilaian pada bahan ajar tentang aspek kegrafikan yang terdiri dari ukuran buku, desain sampul dan desain isi diperoleh skor rata-rata 4,23. angket respon siswa (uji kelompok kecil) yang terdiri dari 9 siswa tentang ketertarikan, isi materi dan bahasa diperoleh skor rata-rata 4,68 sehingga secara keseluruhan bahan ajar dapat dikategorikan sangat layak. This research aims to determine the feasibility of the development of teaching materials math trigonometry comparative material for high school students. Facts on the ground show that the study of mathematics, especially trigonometry matter of learning outcomes is not maximized, be it about the response of students and student learning activities. This is due to lack of instructional materials interesting and easily understood by students, especially trigonometry comparison material. In designing these materials, researchers used a Dick and Carey model of development that has been modified. The results of the validation test found thatOverall subject matter experts provide an assessment of the average score of 4.15. Media experts provide an assessment of the average score of 4.23. student questionnaire responses (test small groups) receive an average score of 4.68 so that the overall teaching materials can be categorized as very feasible.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

EDCOMTECH

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Edcomtech is a journal in the field of educational technology which contains conceptual studies and empirical findings in scientific disciplines of educational technology theories and practices. The covered topics are involved the foundation and philosophy of educational technology, design and ...