Jurnal Pendidikan Jasmani
Vol 24, No 1 (2014): Volume 24 , Nomor 1, April 2014

PENGEMBANGAN MELOMPAT JAUH BERBASIS KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILLS) KELAS VII G DI SMP NEGERI 9 MALANG

Endie Nurwantono (Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang (UM))
- Asim (Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang (UM))
- Sulistyorini (Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang (UM))



Article Info

Publish Date
04 Jun 2014

Abstract

Abstract: Skills Development Based On Jump Away (Life Skills) In Class VII G SMPN 9 Malang. This study aims to develop a model-based learning leap skills (life skills) class VII G in SMP Negeri 9 Malang through instructional materials in accordance with the character of children of class VII G in SMP Negeri 9 Malang . The result of this development is a jump game based on life skills (life skills) which consists of 5 product specifications and the specifications of each product consists of 3 models of the game . Product specifications long jump skills-based development (life skills), namely: 1 ) jump over the hurdles; 2 ) jump from lower to higher ground; 3 ) jump from a higher place to a lower place; 4 ) low jump - high - low; 5 ) high jump to high. The entire product specifications , all aspects of the instrument and all aspects of instrument specifications meet the expected criteria are criteria of good /used and quite good/used . Entire games were developed aiming to develop a learning model based remote melompot life skills (life skills) class VII are packed in teaching materials appropriate to the character of children of class VII. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran melompat jauh berbasis kecakapan hidup (life skills) kelas VII G di SMP Negeri 9 Malang melalui bahan ajar yang sesuai dengan karakter anak kelas VII G di SMP Negeri 9 Malang. Hasil pengembangan ini adalah permainan melompat jauh berbasis kecakapan hidup (life skills) yang terdiri dari 5 spesifikasi produk dan pada masing-masing spesifikasi produk terdiri dari 3 model permainan. Spesifikasi produk pengembangan lompat jauh berbasis kecakapan hidup (life skills), yaitu: 1) lompat melewati rintangan; 2) lompat dari tempat rendah ke tempat yang lebih tinggi; 3) lompat dari tempat yang lebih tinggi ke tempat rendah; 4) lompat rendah-tinggi-rendah; 5) lompat tinggi ke tinggi. Seluruh spesifikasi produk, seluruh aspek instrumen dan seluruh spesifikasi aspek instrumen memenuhi kriteria yang diharapkan yaitu kriteria baik/digunakan dan cukup baik/digunakan. Seluruh permainan-permainan yang dikembangkan bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran melompot jauh berbasis kecakapan hidup (life skills) kelas VII yang dikemas dalam bahan ajar yang sesuai dengan karakter anak kelas VII.Kata kunci: pengembangan, melompat jauh, berbasis, kecakapan hidup (life skills). DAFTAR RUJUKANAnwar. 2006. Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills Education). Bandung: CV ALFABETA. Asim. 2001. Konsep Gerak Dasar Manusia. Malang: Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Ardhana. 2002. Konsep Penelitian Pengembangan Dalam Bidang Pendidikan dan Pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang. Borg, W. R. dan Gall, M. D. 1983. Educational Research: An Introduction, Fourth Edition. New York: Longman. BSNP. 2006. Panduan Penyusunan Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas. Depdiknas. 2006. Buku Saku: Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMP, Ditjen Mandikdasmen, Depdiknas. Satori, D. 2002. Implementasi Life Skill Dalam Konteks Pendidikan di Sekolah. Dalam Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. No. 034 (8). Januari 2002. (hal 25-37).

Copyrights © 2014