AT-Tahdzib: Jurnal Studi Islam dan Muamalah
Vol 8 No 1 (2020): At-Tahdzib

Konsep Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) dalam Perspektif Syariah (Telaah Perilaku Bisnis dalam Manajemen Sumber Daya Manusia)

Sucipto Sucipto (Sekolah Tinggi Agama Islam At-Tahdzib)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2020

Abstract

Sebagai umat Muslim harus mencerminkan seluruh aktivitas sehari-harinya berdasarkan nila-nilai Islam, terutama dalam berekonomi sehingga perilaku bisnisnya pun harus berdasarkan prinsip dan nilai Islam. Selain itu, manajemen sumber daya manusia harus mampu diterapkan agar memperoleh manusia berkompeten dalam ekonomi dan bisnis sehingga terbentuk dalam perilakunya. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif berupa studi pustaka. Hasilnya menunjukkan prinsip perilaku ekonomi dan bisnis Islam berupa tanggungjawab, keadilan, otonomi, dan integritas moral. Secara penerapan ekonomi dan bisnis Islam harus mampu mengaplikasikan keadilan dalam harga, pasar dan upah. Sistem keuntungannya tidak memperbolehkan adanya monopoli dan menghalalkan segala cara. Pada perilaku produksi mengutamakan prinsip kemaslahatan berupa proporsional, keadilan dan kepemilikan. Sedangkan konsumsi harus memperhatikan barang yang dikonsumsi, kehalalan dan kebutuhannya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

tahdzib

Publisher

Subject

Education Other

Description

AT-Tahdzib: Jurnal Studi Islam diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Agama Islam At-Tahdzib Ngoro Jombang pada bulan September 2013. Berisi kajian studi Islam, muamalah dan bidang-bidang keilmuan. Sesuai dengan peraturan penulisan yang diterbitkan dua kali (bulan Maret Dan September ) dalam setahun dan ...