PEDAGOGIA
Vol 17, No 3 (2019)

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TEKS DESKRIPTIF BAHASA INGGRIS SMP

Tahang, Heriyanti (Unknown)
-, Yuliana (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2019

Abstract

AbstrakPerkembangan teknologi saat ini semakin pesat sehingga media pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar mengajar harus mengikuti perkembangan tersebut. Menggunakan multimedia pembelajaran interaktif menjadi salah satu upaya yang bisa dilakukan. Namun berdasar pada hasil wawancara guru Bahasa Inggris, penggunaan multimedia masih jarang digunakan dalam pembelajaran teks monolog Bahasa Inggris di SMP. Penelitian ini bertujuan mengembangkan produk multimedia pembelajaran teks monolog Wikitext khususnya teks deskriptif yang layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran teks deskriptif di SMP Kota Sorong. Penelitian ini menggunakan desain Research Development dengan model pengembangan ADDIE yaitu Analyse, Design, Develop, implement dan Evaluate. Kelas VIII SMP Islam Guppi Kota Sorong menjadi tempat Uji Keefektifan Multimedia ini. Hasil Validasi ahli menunjukkan bahwa multimedia Wikitext telah Valid dengan hasil rata-rata 3.85 dalam kategori sangat valid sehingga produk ini layak digunakan. Untuk mengetahui keefektifan produk, uji coba dilakukan di kelas VIII SMP Islam Guppi menggunakan Multimedia Wikitext dengan LCD Proyektor, perbandingan hasil Pre-test dan post-test peserta didik yang memperoleh nilai 60 meningkat dri 10% menjadi 44 % dengan nilai rata-rata 64.5 dalam satu kali uji coba. Hal ini menunjukkan bahwa Penggunaan Multimedia WikiText efektif digunakan dalam pembelajaran teks deskriptif karena telah berhasil meningkatkan skor perolehan peserta didik.AbstractNowadays, Technology improves massively in hence learning media used in teaching and learning processes should go along with it. Using interactive learning multimedia becomes one of the efforts to do. Meanwhile based on the interview result with English teachers, iit has not been a trend especially in teaching English monolog text, descriptive text, in Junior High School. Based on that reason, the recent research aimed to develop multimedia called Wikitext in learning English Descriptive Text that is appropriate and effective to use in teaching descriptive text in Junior High School Kota Sorong. Research and Development design was conducted through ADDIE design (Analyse, Design, Develop, Implement Evaluate). The place to try the product's effectiveness was SMP Islam GUPPI Kota Sorong. The validity test result has shown that the material and the multimedia has been appropriate with 3.85 average as a result in a very valid category. To know the effectiveness of the product, the multimedia Wikitext has been implemented in teaching descriptive text at class VIII SMP Islam GUPPI using an LCD projector. The Pre-test and post-test results revealed that students got to score 60 rises from 10% to 44 % in once implementation. It concluded that the use of multimedia Wikitext was effective in teaching the descriptive text.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pedagogia

Publisher

Subject

Education

Description

PEDAGOGIA (e-ISSN 2579-7700, p.ISSN 1693-5276 is a peer-reviewed (double blind review) journal published by Faculty of Education, Indonesia Univerity of Education. The goal of this journal is to facilitate scholars, researchers, and teachers for publishing the original research articles or review ...