Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Vol 3, No 1 (2020)

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Contexctual Teaching and Learning (CTL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis berdasarkan Self Confidence Siswa SMP Negeri 1 Sungai Batang

Dwi Rahmah Dayani (Unknown)
Hasanuddin Hasanuddin (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2020

Abstract

ABSTRAK. Penelitian ini dilatarbelakangi dari rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis dan bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contexctual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, ada atau tidaknya pengaruh self confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, serta ada atau tidaknya interaksi antara model pembelajaran dengan self confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan desain yang digunakan adalah  factorial experiment design. Populasi pada penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sungai Batang, dengan sampel VIIIA sebagai kelas eksperimen dan VIIIB sebagai kelas kontrol. Teknik sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Pengumpulan data berupa angket self confidence dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu, dengan menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa : 1) terdapat pengaruh model pembelajaran Contexctual Teaching and Learning (CTL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. 2) tidak terdapat pengaruh self confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, dan 3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan self confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas terutama dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.Kata kunci: model contexctual teaching and learning (ctl), kemampuan pemecahan masalah matematis, self confidence.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

juring

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (pISSN 2621-7430 | eISSN 2621-7422) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the ...