Jurnal SOLMA
Vol. 9 No. 1 (2020)

Pengenalan Flora Fauna Melalui Jelajah dan Bermain pada Anak-Anak di Sekitar Taman Keanekaragaman Hayati Batu Putu Lampung

YENI RAHAYU (Unknown)
YANTI ARIYANTI (Program Studi Biologi, Institut Teknologi Sumatera, Jalan Terusan Ryacudu, Way Hui, Jati Agung, Lampung Selatan 35365)
FARADILA MEI JAYANI (Program Studi Rekayasa Kehutanan, Institut Teknologi Sumatera, Jalan Terusan Ryacudu, Way Hui, Jati Agung, Lampung Selatan 35365)
HENDRY WIJAYANTI (Program Studi Biologi, Institut Teknologi Sumatera, Jalan Terusan Ryacudu, Way Hui, Jati Agung, Lampung Selatan 35365)



Article Info

Publish Date
07 May 2020

Abstract

Dalam upaya mengembangkan kawasan wisata berbasis ekowisata pendidikan di Desa Batu Putu, pendidikan masyarakat yang tinggal di sekitar pariwisata perlu ditingkatkan. Dalam hal ini, pendidikan tidak hanya penting untuk orang dewasa tetapi juga untuk anak-anak. Peningkatan pengetahuan tentang flora dan fauna untuk anak-anak yang tinggal di dekat Taman Keanekaragaman Hayati Batu Putu telah dilakukan dengan menggunakan metode yang menyenangkan, yaitu eksplorasi, bercerita dan bermain puzzle. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan flora dan fauna kepada anak-anak dan menjelaskan betapa pentingnya melindungi lingkungan sebagai habitat flora dan fauna. Hasilnya menunjukkan bahwa ada peningkatan pengetahuan anak-anak tentang flora dan fauna. Anak-anak dapat mengenali flora dan fauna lokal yang unik, dan menumbuhkan rasa cinta terhadap flora dan fauna di sekitar mereka. Pengamatan menunjukkan karakter anak-anak yang peduli dengan flora-fauna dan lingkungan mereka telah muncul dari perilaku sehari-hari mereka ketika bermain di sekitar taman. Kegiatan-kegiatan ini mampu mengembangkan kesadaran anak sejak dini untuk melindungi lingkungan di Taman Keanekaragaman Hayati Batu Putu.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

solma

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal SOLMA merupakan jurnal di bawah naungan Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) dan dipublikasikan oleh Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jurnal terdaftar dengan E-ISSN: 2614-1531 & P-ISSN: 2252-584x. Jurnal SOLMA mempublikasikan naskah-naskah artikel ilmiah dari ...