Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer
Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer

PERANCANGAN APLIKASI PENGADUAN JASA SERVICE DENGAN METODE ZACHMAN FRAMEWORK BERBASIS WEB

I Wayan Karang Utama (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2019

Abstract

AbstrakSetelah mengaplikasikan sistem layanan jasa service CV. Natama Enterprise untuk lebih meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan membuat aplikasi pelaporan layanan jasa service yang merupakan layanan pengaduan atas pelayanan service yang telah diberikan. CV. Natama Enterprise merupakan perusahaan yang bergerak dibidang penjualan dan jasa perawatan komputer, melayani instansi pemerintah dan swasta. Setelah menggunakan sistem aplikasi layanan jasa service ada kendala bagi manajemen untuk memberikan pelayanan pengaduan terhadap layanan jasa service yang telah dilakukan disamping sebagai fungsi kontrol terhadap mutu layanan juga untuk mempermudah pelanggan menyampaikan keluhan terhadap manajemen atas kualitas layanan yang telah diterima. Setelah mengetahui permasalahan yang terjadi maka dibuat suatu rancangan aplikasi pengaduan Jasa service. Dalam penelitian ini akan dibangun sebuah aplikasi layanan pengaduan jasa Service dengan metode Zachman Framework Berbasis Web sehingga dapat diperoleh informasi secara mendetail bagaimana sistem informasi itu dirancang, segala kebutuhan baik data, sumber daya manusia dan infrastruktur yang mendukung berjalannya sistem layanan jasa service.Kata kunci :Pengaduan, Zachman Framework, PerancanganAbstractAfter applying service system service. CV. Natama Enterprise to further improve customer service to make service applications reporting service which is a complaint service of the service provided. CV. Natama Enterprise is a company engaged in sales and computer maintenance services, serving government and private agencies. After using service application service system there are obstacles for management to provide complaint service to service service that have been done beside as function of control to service quality also to facilitate customer complained to management of service quality which have been accepted. After knowing the problems that occur, an appraisal application design service is created. In this research will be built a service application service application with Web Based Zachman Framework method so that information can be obtained in detail how the information system is designed, all the good data, human resources and infrastructure that support the operation of service system.Keywords: Complaints, Zachman Framework, Planning

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jutik

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Social Sciences

Description

Jurnal Teknologi Informasi dan Komputer berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian di bidang teknologi informasi dan komputer. Jurnal ini merupakan sarana bagi peneliti di bidang ilmu teknologi informasi dan komputer untuk mempublikasikan karya-karya penelitiannya. Redaksi penyunting jurnal ...