Penelitian strategi pengembangan agrowisata berbasis bunga krisan telah dilakukan pada bulan Desember 2018 - Januari 2019 di Taman Bunga Celosia, Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Pemilihan lokasi penelitian ditentukan secara sengaja (purposive sampling) dengan pertimbangan adanya bunga krisan yang potensial dikembangkan sebagai basis agrowisata. Penelitian bertujuan untuk menganalisis, mengetahui dan menentukan strategi pengembangan agrowisata dengan berbasis bunga krisan yang dilihat dari sisi internal dan eksternal. Strategi pengembangan dianalisis menggunakan analisis SWOT, dilanjutkan dengan menentukan alternatif strategi. Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa Taman Bunga Celosia berada di posisi kolom I (pertumbuhan) untuk Matriks IE dan Kuadran I (agressive) untuk diagram SWOT. Hasil alternatif strategi yang didapatkan melalui beragam strategi pada matriks SWOT (strategi SO,ST, WO dan WT) menunjukkan bahwa pihak Taman Bunga Celosia dapat menggunakan strategi pengembangan yang bersifat proaktif. Strategi pengembangan yang dipilih yaitu penambahan luas area taman bunga celosia untuk mengadakan pengembangan dan menambah blok bunga krisan, menyelesaikan perihal berbagai perizinan usaha untuk memudahkan akses pengembangan lebih luas lagi, membangun green house yang canggih juga menarik untuk membuat budidaya bunga krisan lebih optimal dan membentuk tatanan landasan organisasi (SOP, visi, misi, rencana pengembangan tertulis dan tetap) untuk menjaga kesinambungan usaha.
Copyrights © 2020