DIDAKTIKA TAUHIDI: JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Vol. 7 No. 1 (2020): Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD

Prasetyo, Fajar (Unknown)
Kristin, Firosalia (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning dan model Discovery Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas 5 SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan pretest-posttest control grup design. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5A dan 5B SD Negeri Suruh 01. Kelas 5A dengan jumlah 24 siswa merupakan kelas eksperimen dan kelas 5B dengan jumlah 23 siswa merupakan kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan pretest-posttest soal dan lembar observasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial parametrik dengan bantuan SPSS 25 for windows. Hasil nilai pretest thitung (0,826) > ttabel (0,05) dan hasil posttest observasi thitung (0,689) > ttabel (0,05) menunjukkan tidak ada perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil nilai posttest thitung (0,033) < ttabel (0,05) dan hasil posttest observasi thitung (0,006) < ttabel (0,05) menunjukkan ada perbedaan signifikan kemampuan berpikir kritis siswa. Kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Berdasarkan analisis data, disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas 5 SD.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jtdik

Publisher

Subject

Education Neuroscience Social Sciences

Description

Didaktika Tauhidi:Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar is an Indonesian-language scientific periodicals published by the Faculty of Education twice times a year on every April and October with the submission process of manuscript is open throughout the year. All submitted manuscripts will go through ...