Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar
Vol 4, No 1 (2020): February 2020

HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DAN KONSEP DIRI DENGAN KOMPETENSI PENGETAHUAN MATEMATIKA SISWA

Riski Juniarti1, Ni Komang (Unknown)
Margunayasa, I Gede (Unknown)
Kusmariyatni, Nyoman (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan pola asuh orang tua dengan kompetensi pengetahuan matematika, (2) hubungan konsep diri dengan kompetensi pengetahuan matematika,  dan (3) hubungan antara pola asuh orang tua dan konsep diri dengan kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas V SD di Gugus I Kecamatan Baturiti. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi dari penelitian ini berjumlah 144 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 100 siswa diambil dengan teknik proportional random sampling. Data pola asuh orang tua dan konsep diri dalam penelitian ini dikumpulkan melalui metode kuesioner sedangkan data kompetensi pengetahuan matematika diperoleh melalui pencatatan dokumen. Pengujian hipotesis menggunakan regresi sederhana dan regresi ganda. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukkan: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan pola asuh orang tua dengan kompetensi pengetahuan matematika (r= 0,570), (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan konsep diri dengan kompetensi pengetahuan matematika(r= 0,502), dan (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pola asuh orang tua dan konsep diri dengan kompetensi pengetahuan matematika siswa kelas V di SD Gugus I Kecamatan Baturiti pada tahun pelajaran 2018/2019 (R= 0,741).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JISD

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar (JISD) adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang pendidikan dan ...