Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech)
Vol 3 No 1 (2020): Februari

The Influence of Sharia Complaince Against Fraud on The Sharia Banks In Indonesia

Ana Santika (Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Syariah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia)
Ruslan Abdul Ghofur (Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Syariah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh syariah complaince terhadap profitabilitas Bank Umum Syariah Indonesia. Sampel dipilih dengan metode purposive sampling sehingga didapat 9 sampel bank umum syariah Unit analisis dalam penelitian berjumlah 45 laporan tahunan Bank Umum Syariah. Pendekatan penelitian dengan metode kuantitatif menggunakan data sekunder. Jenis data kuantitatif berupa data laporan keuangan (annual report) masing-masing bank dari tahun 2013 sampai 2017. Hasil dari penelitian ini dilihat dari hasil uji F, variabel Profit Sharing Ratio (PSR), Islamic Income Ratio (IsIR), dan Islamic Invesment Ratio (IIR) secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel fraud. Dari hasil uji t variabel Profit Sharing Ratio (PSR), Islamic Income Ratio (IsIR), dan Islamic Invesment Ratio (IIR) tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap variabel fraud. Berdasarkan hasil analisis diatas dengan tidak adanya pengaruh tersebut disebabkan, kegiatan pada perbankan syariah saat ini melaksanakan kepatuhan pada prinsnip-prinsip syariah, karena semakin rendah tingkat fraud semakin tinggi tingkat shariah complaince pada perbankan syariah. Bagi pihak bank tetap harus meningkatkan tingkat kepatuhan pada pinsip-prinsip syariah dan juga melakukan kegiatan terhadap pencegahan penipuan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jematech

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Journal of Economic, Management, Accounting and Technology (JEMATech) is a scientific journal published by the Faculty of Economics Qur’anic Science University (UNSIQ) Wonosobo, Indonesia since 2018. JEMATech scope is the science of economics, management, accounting and Technology with ISSN ...