JURNAL PRODUKTIVITAS
Vol 7, No 1 (2020): Jurnal Produktivitas: Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Pontianak

Analisis Intellectual Captal (VAIC)TM, Firm Value dan Firm Size Terhadap Return Saham Dengan Harga Saham Sebagai Variabel Moderasi Dalam Menentukan Keputusan Investasi Pada Jakarta Islamic Index (JII 70)

Heni Safitri (Universitas Muhammadiyah Pontianak)
Dedi Hariyanto (Universitas Muhammadiyah Pontianak)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Intellectual Capital (VAICTM), Firm Value dan Firm Size Terhadap Return Saham Dengan Harga Saham Sebagai Variabel Moderasi Dalam Menentukan Keputusan Investasi Pada Jakarta Islamic Index 70 (JII 70). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 70 perusahaan. Metode analisis data yang digunakan adalah Pemodelan Persamaan Struktural (SEM) dengan Pendekatan WarpPLS. Sebelum dilakukan interpretasi terhadap hasil pengujian hipotesis, maka model seharusnya memiliki Goodness of Fit yang baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari Model Fit dan Quality Indices dapat dilihat bahwa data yang digunakan dalam penelitian memiliki kriteria yang baik dan acceptable. Hasil Path Coefficients and p-values dapat diketahui bahwa variabel Firm Value dan Firm Size berpengaruh positif dan signifikan terhadap Harga Saham. Selain itu, variabel Harga Saham juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Return Saham. Hasil Indirect Effects dapat diketahui bahwa variabel Harga Saham tidak dapat memoderasi antara variabel penjelas dengan variabel respon. Variabel Firm Value dan Firm Size dapat dipergunakan dalam mempertimbangkan pengambilan keputusan untuk berinvestasi pada saham-saham syariah yang tergabung dalam Indek JII70.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Produktivitas ISSN: 2355-1038 (Print) ISSN: 2621-5098 (Online) adalah jurnal ilmiah yang dikelola Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Pontianak untuk mempublikasikan hasil riset/penelitian di bidang ekonomi dan bisnis khususnya ilmu Manajemen. Jurnal Produktivitas Terbit 2 ...