JURNAL PRODUKTIVITAS
Vol 7, No 1 (2020): Jurnal Produktivitas: Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Pontianak

Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Terhadap Pembelian Jasa Pendidikan (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Pontianak)

Sumiyati Sumiyati (Universitas Muhammadiyah Pontianak)
Muhammad Fajar Widyanto (Universitas Muhammadiyah Pontianak)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan konsumen terhadap pembelian jasa pendidikan dan untuk mengetahui faktor yang paling dominan yang mempengaruhi keputusan konsumen terhadap pembelian jasa pendidikan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan menggunakan skala Likert. Selain itu, dilakukan uji instrumen (uji validitas dan reliabilitas), uji asumsi klasik (uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas), analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi, pengujian secara simultan (uji F), dan pengujian secara parsial (uji T).Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel program studi (X1), biaya pendidikan (X2), lokasi (X3), promosi (X4), reputasi universitas (X5), dan kualitas pelayanan (X6) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen (Y). Variabel biaya pendidikan (X2) merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan konsumen terhadap pembelian jasa pendidikan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Produktivitas ISSN: 2355-1038 (Print) ISSN: 2621-5098 (Online) adalah jurnal ilmiah yang dikelola Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Pontianak untuk mempublikasikan hasil riset/penelitian di bidang ekonomi dan bisnis khususnya ilmu Manajemen. Jurnal Produktivitas Terbit 2 ...