Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Brand Image terhadap loyalitas konsumen pada PD Kue Bingke Al-Fajar Pontianak dengan bentuk penelitian analisis deskriptif menggunakan kuesioner yang kemudian dianalisis dengan regresi sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen PD Kue Bingke Al-Fajar, sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan syarat konsumen telah membeli kue bingke Al-Fajar lebih dari 2 kali dan sudah memiliki penghasilan.Hasil persamaan regresi linier adalah Y = 2,686 + 0,219 X. Untuk hasil koefisien korelasi (R) menjelaskan bahwa nilai korelasinya 0,495 yang berarti brand image dan loyalitas konsumen memiliki hubungan yang cukup. Hasil koefisien determinasi menunjukkan nilai sebesar 0,245 (24,5%) nilai ini menunjukkan bahwa pengaruh citra merek terhadap loyalitas konsumen PD Kue Bingke Al-Fajar Pontianak adalah 24,5% sedangkan sisanya yaitu sebesar 75,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Pengujian kelayakan model (Uji F) ini menunjukkan nilai F hitung yakni 31,884 > 3,94 (F tabel). Sedangkan nilai signifikansi F tersebut 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hal ini berarti bahwa model regresi sederhana dapat digunakan untuk memprediksi loyalitas konsumen yang dipengaruhi oleh brand image pada PD Kue Bingke Al-Fajar Pontianak.
Copyrights © 2020