Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP)
Vol 5 No 1 (2020): Volume 5 No.1 Tahun 2020

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Kelas XII-IPS-1 SMA Negeri 1 Bondowoso Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020

Nanikmah, S.Pd. (SMA Negeri 1 Bondowoso)



Article Info

Publish Date
09 Mar 2020

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XII-IPS-1 SMA Negeri 1 Bondowoso tahun pelajaran 2019/2020 pada mata pelajaran PKn yang dilihat dari sebagian hasil belajar siswa belum optimal yang disebabkan karena siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami materi, sehingga perlu dicari alternatif pemecahan masalah dengan menerapkan proses pembelajaran yang lebih berorientasi pada siswa secara aktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XII-IPS-1 SMA Negeri 1 Bondowoso. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan pada masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII-IPS-1 SMA Negeri 1 Bondowoso sebanyak 24 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi, teknik tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat pada setiap siklusnya. Pada kondisi awal siswa yang tuntas aktivitas belajarnya sebanyak8 siswa atau 33,33% pada siklus I meningkat menjadi 17 siswaatau 70,83%dan pada siklus II meningkat menjadi 24 siswaatau 100% yang tuntas aktivitas belajarnya. Meningkatnya aktivitas belajar siswa juga diikuti oleh meningkatnya hasil belajar siswa, yaitu pada kondisi awal nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 58,75, pada siklus I menjadi 68,33, dan pada siklus II menjadi 73,75. Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal juga meningkat, dimana pada kondisi awal jumlah siswa yang tuntas sebanyak7 siswa atau 29,17%, pada siklus I meningkat menjadi 15 siswa atau 62,50%, dan pada siklus II menjadi 21 siswa atau 87,50%. Dari penjelasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XII-IPS-1SMA Negeri 1 Bondowosotahun pelajaran 2019/2020.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JRP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini memuat karya ilmiah pendidik sebagai hasil usaha mengembangkan pembelajaran. Karya ilmiah tersebut berupa artikel sepanjang 5 hingga 10 halaman yang merupakan hasil penelitian atau hasil kajian pustaka yang disusun berdasarkan kaidah artikel ilmiah.Jurnal ini memuat minimal 3 (tiga) ...