Jurnal Refleksi Pembelajaran (JRP)
Vol 5 No 1 (2020): Volume 5 No.1 Tahun 2020

Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pokok Bahasan Pengaruh Globalisasi Melalui Metode Problem Solving Pada Siswa Kelas XII IPS2 SMA Negeri 4 Pasuruan Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018.

Dra. Eni Kushartini (SMA Negeri 4 Pasuruan)



Article Info

Publish Date
09 Mar 2020

Abstract

Peneliti yang cenderung menjadi penguasa di dalam kelas telah terbukti membuat hasil belajar di SMA Negeri 4 Pasuruan kurang maksimal. Siswa cenderung menjadi pendengar dan guru seperti menjadi sumber ilmu, siswa tidak mengalami pengalaman langsung didalam belajar. Hasi levaluasi yang diperoleh tidak maksimal dan tidak memenuhi KKM yang ditentukan disekolah. Dari 32 siswa yang mendapat nilai diatas KKM yaitu sebanyak 20 siswa, sedangkan yang 12 siswa belum tuntas belajar, siswa juga tidak mengalami pengalaman belajar yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga guru harus mampu membatasi perannya sebagai sumber ilmu, tetap ijuga harus mampu menggali pengetahuan yang telah dimiliki siswa. Berdasarkan permasalahan diatas peneliti mencoba menerapkan MetodeProblem solving untuk mengatasi hasil belajar PKn pada siswakelas XII IPS2 SMANegeri 4 Pasuruan. Metodeproblem solving adalah suatu penyajian materi pelajaran yang menghadapkan siswa pada persoalan yang harus dipecahkan atau diselesaikan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan dengan menentukan langkah-langkah perencanaan, prosedur pelaksanaan tindakan, refleksi, subyek penelitian, pengumpulan data, instrument penelitian, teknisanalisa data, penyiapan partisipan, penelitian tindakan menggunakan alur spiral dengan dua siklus. Hasil penelitian dari siklus I dan siklus II dari data yang dikumpulkan menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode problem solving pada pelajaran PKn, hasil belajar pada siswa dapat ditingkatkan

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JRP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini memuat karya ilmiah pendidik sebagai hasil usaha mengembangkan pembelajaran. Karya ilmiah tersebut berupa artikel sepanjang 5 hingga 10 halaman yang merupakan hasil penelitian atau hasil kajian pustaka yang disusun berdasarkan kaidah artikel ilmiah.Jurnal ini memuat minimal 3 (tiga) ...