Jurnal Analisa Akuntansi dan Perpajakan
Vol 3, No 2 (2019)

PENGARUH DESENTRALISASI DAN SISTEM AKUNTANSI MANAJEMEN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL (STUDY PADA PT. STARS INTERNASIONAL CABANG BOJONEGORO DAN LAMONGAN)

Darmayanti, Novi (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2020

Abstract

Kinerja manajerial adalah hasil secara periodik operasional suatu manajerberdasarkan sasaran, standar, dan kriteria yang telah ditetapakan. Kinerja manajerialdapat dipengaruhi oleh desentralisasi dan SAM. Desentralisasi merupakanpendelegasian wewenag dan tanggung jawab kepada manajer untuk mengambilkebijakan secara independen. SAM adalah suatu mekanisme pengawasan organisasiyang dapat memudahkan pengawasan dengan cara membuat laporan dan menciptakantindakan yang nyata terhadap penilaian kinerja. Tujuan dari penelitian ini adalahuntuk mengetahui pengaruh desentralisasi dan SAM terhadap kinerja manajerial.Populasi penelitian ini adalah seluruh manajer dan karyawan PT. Stars Internasionalyang berada di kota Bojonegoro dan Lamongan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode pengiriman kuesioner atau angket kepada seluruh manajer dan karyawan.Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis regresiberganda.Hasil penelitian yang dilakukan terhadap 32 responden menunjukkan hasilpengolahan data diperoleh nilai thitung desentralisasi sebesar 2,699 dengan nilaisignifikansi 0,011. Nilai signifikansi tersebut kurang dari 0,05 serta thitung lebih besar dari ttabel, maka desentralisasi ini dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja manajerial. Pada sistem akuntansi manajemen nilai thitung sebesar 1,878 dengan nilai signifikansi sebesar 0,070. Serta thitung lebih besar dari ttabel, maka sistem akuntansi manajemen dapat meningkatkan kinerja manajerial.Simpulan dalam penelitian ini adalah desentralisasi dan sistem akuntansimanajemen berpengaruh positif terhadap kinerja manajerial.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

akuntansi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

Jurnal Analisa Akuntansi dan Perpajakan diterbitkan dan dikelola oleh Program Studi Akuntansi Universitas Dr Soetomo Surabaya bekerjasama dengan Asosiasi Konsultan Pajak Publik Indonesia (AKP2I) Pengurus Daerah (PengDa) Jawa Timur. Jurnal Analisa Akuntansi dan Perpajakan mengajak para akademisi ...