Antrian nasabah biasa terjadi pada beberapa Bank. Para nasabah membuat barisan panjang untuk mendapatkan pelayanan dari Bank. Hal ini dapat membuat para nasabah sulit dan berdesak–desakkan dalam bertransaksi. Namun masalah ini dapat diatasi dengan memanfaatkan teknologi informasi berupa aplikasi antrian yang berbasis wireless. Pada penelitian ini, aplikasi dapat mengatur antrian nasabah dengan menggunakan metode multi channel–single phase. Metode multi channel–single phase dapat diterapkan pada aplikasi client–server, yang memiliki satu atau lebih pelayanan yang dialiri oleh antrian tunggal. Beberapa client dapat terhubung dengan server melalui internet protocol (IP). Client yang terhubung dengan server melalui jaringan wireless akan meminta permintaan kepada server, kemudian server akan merespon dan mengirim permintaan client. Aplikasi ini menghasilkan tampilan berupa teks dan suara yang berupa informasi nomor antrian nasabah. Selain itu, nasabah juga mendapatkan lembar nomor antrian yang tercetak oleh printer. Aplikasi ini dapat menggunakan lebih dari 1 loket teller dan menyesuaikan kebutuhan layanan kepada nasabah. Kata kunci: teknologi infomasi, metode multi channel–single phase, jaringan wireless, client-server
Copyrights © 2014