Deiksis
Vol 12, No 01 (2020): Deiksis

Penerapan Teknik JIGSAW untuk Meningkatkan Keterampilan Memahami Bacaan Bahasa Inggris Dengan Memperhatikan Sikap Berbahasa Siswa

Supeno Supeno (Universitas Indraprasta PGRI)
Imam Suseno (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2020

Abstract

Peningkatan keterampilan memahami bacaan bahasa Inggris dengan menerapkan teknik pembelajaran JIGSAW merupakan bagian dari upaya memperbaiki situasi dan proses pembelajaran dikelas. Teknik pembelajaran JIGSAW dengan memperhatikan beberapa aspek: pembentukan kelompok diskusi, penentuan jumlah anggota dalam satu kelompok, jumlah siswa yang mewakili sebagai kelompok ahli, dan cara evaluasi untuk menilai efektivitas diskusi serta upaya meningkatkan sikap berbahasa siswa. Penelitian ini termasuk jenis classroom action research, menggunakan pendekatan kualitatif sebab peneliti membangun gambaran yang kompleks dan holistic, melaporkan pandangan atau opini dari kolaborator dan situasi penelitian berjalan secara yang alamiah. Penelitian diawali dengan melakukan penelitian pendahuluan dan kemudian melakukan tindakan berupa siklus, terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, analisis data, serta refleksi. Setelah melakukan analisis dan refleksi pada siklus I, peneliti melanjutkan dengan siklus II dan setelah melakukan analisis dan refleksi hasil tindakan pada siklus II, peneliti dan kolaborator memutuskan untuk berhenti karena telah mendapatkan alur pelaksanaan JIGSAW yang ideal. Penerapan teknik pembelajaran JIGSAW dapat berlangsung sangat baik dengan teknis kunci yaitu 1) menentukan siswa menjadi anggota kelompok ahli, 2) jumlah kelompok sesuai dengan jumlah siswa dalam kelompok ahli (tiap kelompok terdiri dari 4-5 siswa), 3) guru berupaya meningkatkan sikap berbahasa siswa melalui pendekatan dan komunikasi dengan baik, 4) menggunakan instrumen untuk mendeteksi sikap berbahasa siswa dan keterampilan memahami bacaan bahasa Inggris.Kata kunci: teknik jigsaw, sikap berbahasa, dan keterampilan memahami bacaan bahasa Inggris.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Deiksis

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Deiksis is a journal that aims to be a peer-reviewed platform and an authoritative source of information. We publish scientific works from national and international lecturers, researchers, students, and practitioners to present their new ideas, concepts, and theories in Indonesian language and ...