ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 2, No 1 (2019)

Analisis Self-Regulated Learning yang Memperoleh Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Problem-Centered Learning dengan Hands-On Activity

Lala Nailah Zamnah (Universitas Galuh)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis self-regulated learning siswa yang menggunakan problem-centered learning dengan hands-on activity dalam pembelajaran. Metode penelitian yang yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 30 orang. Hasil penelitian self-regulated learning dari sembilan indiktor yaitu (1) inisiatif belajar, (2) mendiagnosa kebutuhan belajar, (3) menetapkan tujuan belajar, (4) memonitor, mengatur dan mengontrol belajar, (5) memandang kesulitan sebagai tantangan, (6) memanfaatkan dan mencari sumber yang relevan, (7) memilih dan menetapkan strategi belajar yang tepat, (8) mengevaluasi proses dan hasil belajar dan (9) konsep diri, sebagian besar self-regulated learning siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan problem-centered learning dengan hands-on activity berkategori tinggi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

anargya

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

“Anargya: Jurnal Ilmiah Pedidikan Matematika” is a journal aims to be a peer-reviewed platform and an authoritative source of information. We publish original research papers, review articles and case studies focused on mathematics education as well as related topics. All papers are ...